Kamis, 17 Agustus 2023

Indonesia Maju: Menjalin Kolaborasi dan Sinergitas

Buku Antologi "Indonesia Maju: Menjalin Kolaborasi dan Sinergitas” ini merupakan karya inspiratif yang dihasilkan dari kolaborasi hebat antara 78 penulis akademisi terkemuka dalam rangka menyambut dan mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78 tahun ini. 

Buku ini menjadi istimewa setidaknya dapat dilihat dari dua sudut pandang:

Pertama, buku ini ditulis oleh para akademisi dengan berbagai latar belakang disiplin keilmuan yang beragam dari berbagai wilayah di Indonesia, oleh karenanya buku ini dapat disebut sebagai buku yang merepresentasikan Indonesia, tentu dengan segala keterbatasannya. Indonesia yang sangat majemuk dengan beragam potensi tentu akan terlalu sederhana jika hanya ditullis dalam sebuah buku.

Kedua, buku ini diberikan sambutan oleh Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha. "Untuk  mencapai  kemajuan  Indonesia  baik  sebagai  negara maupun bangsa yang majemuk dengan beragam potensinya, berikut dengan segala kompleksitas persoalan dan agenda kebangsaan yang dihadapi tentu menjadi sangat tidak mungkin untuk diserahkan nasibnya kepada orang perorang atau kelompok kepentingan tertentu. Oleh karenanya merajut sinergitas (semangat gotong royong) seluruh kekuatan anak bangsa dari berbagai macam disiplin ilmu dan keahlian sesuai bidang masing-masing adalah merupakan suatu kebutuhan kolektif yang hendaknya terus dibangun untuk mewujudkan Indonesia kita bersama yang maju dan berkeadaban" demikian tulis Prof. Pugeg dalam sambutannya.

Apresiasi yang tinggi juga disampaikan kepada pihak penerbit Yayasan Kita Menulis yang telah mempertemukan para dosen dari berbagai wilayah di Indonesia dengan beragam latar belakang keilmuan dan keahlian (vokasi) sehingga dapat memfasilitasi terbitnya karya inteketual yang sarat dengan nilai dan makna ke-Indonesiaan ini.

Buku ini bukan sekadar kumpulan tulisan, melainkan refleksi mendalam tentang potensi Indonesia dan bagaimana kita, sebagai pribadi, komunitas, dan bangsa, yang dapat bersatu padu untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan. Beragam perspektif dan pemahaman pun disajikan terkait tantangan dan peluang yang dihadapi Indonesia. Mulai dari isu-isu lingkungan, kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial, hingga teknologi, para penulis menguraikan gagasan mereka tentang bagaimana menjalin sinergi antara berbagai sektor kehidupan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan bersama: Indonesia Maju!

Dirgahayu Republik Indonesia.

Dapatkan buku ini dengan GRATIS DISINI, semoga bermanfaat...
 

0 comments:

Posting Komentar