Rabu, 13 Juli 2022

Endgame Demokrasi Pancasila


Kebenaran dalam demokrasi sejatinya adalah kebenaran mayoritas sehingga jika tidak dikawal dengan pikiran atau akal sehat akan sangat berbahaya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Para pendiri bangsa sejatinya telah mempersiapkan atau lebih tepat mengantisipasi "bahaya" demokrasi ala barat (liberal) dengan demokrasi Pancasila sebagai anti tesisnya yang kemudian penulis menyebut sebagai demokrasi berketuhanan yang tidak saja dibangun diatas pikiran atau akal sehat justru harus dengan wisdom (kebijaksanaan). Dan secara komprehensif ialah dibangun diatas nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kebijaksanaan (wisdom) dan keadilan sekaligus.

Gagasan tentang demokrasi Pancasila 6.0. (six point O) sesungguhnya merupakan ikhtiar menyegarkan dan menggali kembali pemikiran para pendiri bangsa tercinta ini dalam konteks kekinian sehingga pada akhirnya seluruh elemen anak bangsa "bermain" (baca: bermasyarakat, berbangsa dan bernegara) menggunakan demokrasi Pancasila versi 6.0. (edisi yang disempurnakan).

Buku ini adalah buku multi modal yang akan lebih "hidup" jika dibaca dalam bentuk digital sekaligus dapat diunduh dalam bentuk pdf maupun epub melalui tautan berikut: https://read.bookcreator.com/zNvhkOxV3qfYqH3i5GUjtzgiXim1/63Vf3UEaTTSD-ddtwb6Z9Q

Terimakasih kepada Master Rahmat Putra Yudha yang telah melakukan berbagai inovasi dalam pengembangan diri dan kapasitas bagi para ribuan guru dan dosen diantaranya dengan menyelenggarakan event Virtual Education Academy (VEA) III sehingga buku multi modal ini bisa lahir dan hadir dihadapan bapak ibu teman dan sahabat semua.

Untuk mensitasi silakan buka tautan berikut:
https://scholar.google.com/scholar?cluster=9181959411666421172&hl=id&as_sdt=2005
Salam sehat, bahagia dan sukses selalu untuk semua...

0 comments:

Posting Komentar